Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN)

Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) atau (Roboboat), adalah kontes yang diselenggarakan untuk menguji kreativitas mahasiswa dalam mendesain badan kapal, menetapkan prinsip engine matching dan merancang sistem otomasinya. Sistem penilaian kontes diberikan berdasarkan penguasaan medan atau lintasan yang dilalui oleh kapal. Kegiatan kontes KKCTBN terbagi atas tiga kategori lomba : 1) Kapal Autonomous (Otomatis/Sensor), 2) Kapal cepat dengan sistem manual (Remote Control), dan 3) Kapal cepat Fuel Engine (Manual System).

PELAMIS III


Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2014 (KKCTBN) atau Roboboat 2014 dilaksanakan di Universitas Indonesia (UI) yang dilaksanakan pada 5–6 November 2014. TIM PELAMIS III sebagai tim perwakilan dari MIT ikut serta dalam kompetisi ini untuk kategori I yaitu Kapal Autonomous (Otomatis/Sensor).





Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2012 (KKCTBN) atau Roboboat 2012 di Pantai Kartini, Jepara, Jawa Tengah yang diikuti oleh 30 peserta dari 18 perguruan tinggi. Perlombaan ini berlangsung dari tanggal 30 – 31 Oktober 2012. Tema yang diusung pada kompetisi kali ini adalah “Kejayaan Bahari Melalui Rekayasa Teknologi Maritim”. MIT ikut serta dalam kompetisi ini dengan mengirim TIM PELAMIS untuk kategori I dan TIM ASTROTIA untuk kategori II yang berhasil merebut JUARA III pada kategori lomba tersebut.