Pengukur Kecerahan Perairan Digital


Alat pengukur kecerahan perairan berbasis elektronika digital sehingga memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan metode manual saat ini. Disamping nilai intensitas dan kedalaman, alat yang dikembangkan tersebut juga mampu mengeluarkan nilai warna dasar yaitu intensitas warna red, green dan blue (RGB) sehingga akan sangat membantu dalam penentuan intensitas warna yang lebih detail.


ELECTRONIC FISH TAG


Electronic Fish Tag merupakan instrumen pelabelan hewan secara digital dengan RFID tag agar penandaan hewan menjadi lebih mudah dan efisien. Sistem elektroniknya terdiri atas Arduino Nano sebagai pusat pengendali utama, CR003 sebagai pembaca RFID, DS1302 sebagai kontrol waktu, Buzzer sebagai indikator pemakaian, Catalex Mikro SD untuk media penyimpanan data.


Automatic feeder (AF)


Automatic feeder (AF) adalah pemberi pakan ikan/udang otomatis adalah alat pemberi pakan ikan atau udang yang bekerja secara otomatis dalam hal pengaturan jadwal, frekuensi pemberian pakan, dosis pakan serta dapat beroperasi selama 24 jam secara terus-menerus. Untuk melontarkan pakan digunakan pelontar dengan menggunakan motor AC yang memiliki RPM (Rotation Per Minute) yang bisa diatur sehingga pakan tersebar merata.


Rumpon Elektronik


Rumpon elektronik (electronic fish aggregating device) merupakan aplikasi sistem elektronika yang digunakan dalam metode penangkapan ikan yang sifatnya mengumpulkan ikan (attracting fish) pada suatu daerah penangkapan (catching area). Alat ini berfungsi untuk menarik ikan agar berkumpul di suatu tempat yaitu di daerah sekitar rumpon untuk selanjutnya dilakukan operasi penangkapan ikan.


Nishikogoi Gender Analyzer (NGA)


Nishikogoi Gender Analyzer (NGA) dirancang untuk mendukung dan mempercepat kegiatan monosex culture (pemisahan jenis kelamin) perikanan budidaya, khususnya ikan Koi. Kegiatan ini bisa dilakukan secara manual dengan menunggu ciri-ciri fisik pembeda kelamin ikan muncul. Namun jelas ini tidak efisien dalam waktu, tenaga maupun biaya. Alat Analisa Gender Ikan Koi ini mampu mengidentifikasi jenis kelamin ikan Koi dengan cepat dan otomatis. Setelah dipotret, citra diolah untuk didapatkan data deskriptor dan menggunakan algoritma JST, jenis kelamin ikan Koi diidentifikasi. Setelah teridentifikasi, ikan secara otomatis dipisahkan antara yang jantan dan yang betina.