MOTIWALI


Intrumen MOTIWALI (Mobile Tide and Water Level Instrument) merupakan alat pengukur pasang surut atau level air yang dapat digunakan untuk pengukuran yang bersifat mobile atau bergerak maupun stasiun tetap dengan kemampuan transmisian data online dan sistem alarm.


Fry Counter


Fry Counter merupakan inovasi dalam dunia Perikanan yang dirancang oleh Prof. Dr. Indra Jaya, Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. Instrumen ini didesain untuk penghitungan ikan secara otomatis. Keunggulan alat ini adalah dapat menghitung jumlah ikan dengan cepat dibandingkan dengan metode manual, dan efisien dari sisi kebutuhan tenaga kerja, sehingga dapat menghasilkan profit (keuntungan) bagi pengusaha.


Drifter


Instrumen Drifter merupakan instrumen yang dapat mengukur beberapa parameter oseanografi, yaitu suhu permukaan, suhu udara, arah dan kecepatan arus, serta latitude dan longtitude. Penggunaan drifter untuk penelitian di bidang oseanografi telah cukup lama dilakukan, namun perancangan, dan pengembangan dari instrumen ini masih terus dilakukan. Rancangan yang murah, ringan dan stabil merupakan beberapa syarat yang dituju oleh para perancang drifter


SCM (Sphere Current Meter)


Intrumen SCM merupakan alat pengukur kecepatan arus dikolom perairan, sistem elektronika dari sea sphere itu sendiri adalah menggunakan sensor gyroscope dan accelerometer. pergerakan arus akan mendorong sea sphere ke arah arus sehingga nilai perpindahan dari posisi awal dapat dijadikan sebagai kecepatan dari arus dengan berbagai koreksi dan kalibrasi.


Data Logger


Instrumen Data Logger adalah instrumetasi yang mempu merekan suhu peruaran pada kedalam tertentu secara kontinu. Data logger sudah banyak dikembangkan dalam berbagai variasi bentuk sampai dengan system. Penggunaan sensor yang digunakan pun dapat bervariasi, seperi Dallas, LM 535, dan sensor suhu lainya. Sensor digital ini yang nantinya akan diolah dan direkam pada beberapa waktu dan pada kedalaman yang diinginkan. Data Logger dapat dibuat menjadi beberapa buah dan diletakan pada beberapa kedalaman sehingga dpat diketahui dinamika suhu pada perairan tersebut. Dengan demikian, pembuatan instrument Data Logger ini mampu merekam atau mencatat data parameter laut yakni suhu dalam beberapa waktu dan pada kedalaman yang diinginkan secara efektif dan efisien.