Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (KOMURINDO)

Komurindo (Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia) adalah kompetisi tahunan rancang bangun muatan roket dan roket EDF tingkat perguruan tinggi yang diselenggarakan sejak 2009. Dalam ajang ini, para mahasiswa ditantang untuk membangun suatu sistem monitoring dan pengukuran yang stabil, akurat, dan presisi di bidang peroketan. Selain itu, mahasiswa juga belajar membangun roket EDF. Kegiatan ini akan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam rancang bangun serta pengujian roket dan muatannya. Kompetisi ini sekaligus meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam teknologi penginderaan jauh dan sistem otomasi robotika pada muatan roket.

Muatan Roket (PEGASUS V)


Komurindo 2016 dengan sub lomba Muatan Roket dilaksanakan pada tanggal 25 - 26 Agustus 2016 di Pantai Santolo, Pamengpeuk Garut. Tema yang diusung Komurindo dengan sub lomba Muatan Roket pada tahun ini adalah "Pemantauan Grafis Sikap Luncur Roket Uji Muatan dalam Visualisasi Odometri Tiga Dimensi (3D odometry graphics visualization)". Sebanyak 20 tim dari berbagai PTN dan PTS dari seluruh indonesia yang terseleksi dengan delegasi MIT salah satunya yaitu TIM PEGASUS V.


Roket EDF (IKAN TERBANG III)


Komurindo 2016 dengan sub lomba Roket EDF dilaksanakan pada tanggal 25 - 26 Agustus 2016 di Pantai Santolo, Pamengpeuk Garut. Tema Komurindo 2016 dengan sub lomba Roket EDF adalah "Pengendalian Roket Electric-Ducted-Fan (EDF) dalam mencapai sasaran secara horizontal". Kompetisi kali ini diikuti oleh 25 peserta yang telah lolos seleksi dengan TIM IKAN TERBANG III yang merupakan delegasi dari MIT salah satunya.


Muatan Roket (PEGASUS IV)


Komurindo 2015 dengan sub lomba Muatan Roket diselenggarakan sejak 04 Agustus – 5 Agustus 2015 di Pantai Santolo, Pamengpeuk Garut. Event kali ini di prakarsai oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bekerjasama dengan Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Tema Komurindo dengan sub lomba Muatan Roket kali ini adalah “Pemantauan Jarak Jauh pada Sikap Muatan Roket Balistik Roket Uji Muatan-RUM (Long Range Attitude Monitoring of Balistic Rocket RUM Payload)”. Sebanyak 40 Tim dari PTN dan PTS seluruh Indonesia ikut berkompetisi dalam perlombaan ini, dengan TIM PEGASUS IV sebagai delegasi dari MIT berhasil memperoleh JUARA IDE TERBAIK dalam kompetisi kali ini.


Roket EDF (IKAN TERBANG II)


Komurindo 2015 dengan sub lomba Roket EDF yang diselenggarakan sejak 04 Agustus – 5 Agustus 2015 di Pantai Santolo, Pamengpeuk Garut. Tema Komurindo 2015 dengan sub lomba Roket EDF adalah “Pemantauan dan Pengendalian Roket Electric Ducted-Fan-EDF Kecepatan Rendah (Monitoring and Control of Low Speed Guided Rocket)”. Sebanyak 40 Tim dari PTN dan PTS seluruh Indonesia ikut berkompetisi dalam perlombaan ini, dengan TIM IKAN TERBANG II sebagai delegasi dari MIT.


Muatan Roket (PEGASUS III)


Tahun 2014 Komurindo dengan sub lomba Muatan Roket kembali lagi diadakan dan Tim dari MIT dengan nama TIM PEGASUS III kembali turut serta dalam ajang ini. Kompetisi komurindo kali ini berlangsung pada 13 - 16 Agustus 2014 di dua tempat, yakni di Lapangan Tembak Dislitbang TNI AD, Pantai Bocor Kebumen, Jawa Tengah, untuk peluncuran roket, dan di Lapangan Bola Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk lokasi uji fungsional alat yang akan dikompetisikan. Tema Komurindo dengan sub lomba Muatan Roket kali ini adalah “Pemantauan Jarak Jauh pada Sikap Muatan Roket Balistik RUM (Long Range Attitude Monitoring of Balistic Rocket RUM Payload)”. Jumlah tim keseluruhan yang perpartisipasi dalam kompetisi ini adalah 74 tim yang berasal dari PTN dan PTS seluruh Indonesia.


Roket EDF (IKAN TERBANG)


Pada tahun 2014 Komurindo dengan sub lomba Roket EDF kembali lagi diadakan dan Tim dari MIT dengan nama TIM IKAN TERBANG yang mewakili IPB. Kompetisi berlangsung pada 13 Agustus -16 Agustus 2014 di dua tempat, yakni di Lapangan Tembak Dislitbang TNI AD, Pantai Bocor Kebumen, Jawa Tengah, untuk peluncuran roket, dan di Lapangan Bola Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk lokasi uji fungsional alat yang akan dikompetisikan. Tema yang diusung kali ini adalah Pemantauan dan Pengendalian Roket Kendali Kecepatan Rendah (Monitoring and Control of Low Speed Guided Rocket). Jumlah tim keseluruhan yang perpartisipasi dalam kompetisi ini adalah 74 tim yang berasal dari PTN dan PTS seluruh Indonesia.



Muatan Roket (PEGASUS)


Pada tahun 2012 sebanyak 40 tim dari 32 perguruan tinggi ikut berpartisipasi dalam ajang Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) 2012 sub lomba Muatan Roket. Bertempat di Pantai Congot Kulonprogo Yogyakarta, kompetisi ini akan dilangsungkan pada 8-10 Juni 2012. Tahun ini Komurindo dengan sub lomba Muatan Roket mengusung tema "Attitude Monitoring and Surveillance Payload". MIT ikut serta dalam ajang kompetisi ini dengan mengirimkan Tim PEGASUS dan TIM KRONOS.